2.1 Apa yang
anda ketahui tentang information technology infrastructure Library / Pustaka Infrastuktury
Teknology Informasi dan berikan contoh nya
ITIL atau (Information Technology
Infrastructure Library) adalah suatu rangkaian konsep dan
teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan serta operasi teknologi
informasi (TI). Nama ITIL diterbitkan dalam suatu rangakaian buku yang
masing-masing membahas suatu topic pengelolaan TI. Nama ITIL dan TI
Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of
Government Commerce (OGC) Britania Raya.
ITIL memberikan deskripsi detail tentang beberapa praktek
TI penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat
di sesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.
2.2 Sebutkan
dan Jelaskan Komponen dari ITIL (Information Technology Infrastructure Library)
dan berikan contohnya
Service
Support
Service
support membahas tentang proses dan komponen dalam operasional IT sehari hari
seperti Incident Management, Problem Management, Change Management,
Configuration Management dan Release Management. Pada dasarnya service support
menjelaskan proses support dari IT untuk operasional sehari-hari, bagaimana
cara menangani suatu incident sebelum akhirnya masuk ke dalam problem
management. Setiap komponen dari proses pada IT service management mempunyai
peran masing-masing diantaranya adalah :
Service
desk sebagai single point of contact.
Release
Management dalam melakukan testing suatu teknologi baru sebelum diimplementasi.
Build
knowledge based untuk membantu mempercepat penyelesaian suatu incident.
Service
Delivery
Komponen-komponen
dari Service Delivery ini adalah Financial Management for IT Services,
Availability Management, Capacitiy Management, IT Service Continuity
Management, Service Level Management. Service Delivery ini merupakan tactical
proses artinya untuk mendukung bisnis dari sisi IT Service Management dalam
jangka panjang bukan untuk operasional yang dilakukan setiap hari.
Contohnya
dalam bagian IT Service Continuity Management, misalnya dilakukannya service level
agreement (SLA), melakukan Risk Management berfungsi untuk mengetahui dan dapat
mengidentifikasi bentuk resiko, menentukan tingkat resiko yang akan terjadi,
untuk mengetahui asset mana saja yang mempunyai resiko, dsbnya. ITIL memberikan
dasar dan konsep IT sebagai bagian dari service ke customer atau user,
bagaimana proses yang baik antara satu entity dengan entity lainnya.
Gambar 1. Framework IT Infrastruktur Library
ITIL
meliputi delapan kumpulan, yaitu service support, service delivery, rencana
pengembangan service management, ICT infrastructure management, application
management, business perspective, security management, dan software asset
management.
Dua
di antaranya, yaitu service support dan service delivery merupakan area utama,
yang disebut juga IT Service Management (ITSM). Secara bersama-sama, dua area
ini mengandung beberapa disiplin yang bertanggung jawab untuk penentuan dan
manajemen pelayanan Teknologi Informasi (TI) yang efektif.
Tujuan
dari IT Infrastructure Library adalah memfasilitasi dalam meningkatkan kualitas
manajemen layanan IT, Meningkatkan efisiensi, Meningkatkan keefektifan,
Memperkecil resiko, Memberikan kode praktek untuk mendukung kualitas
total.
IT
Infrastructure Library bekerja dengan: Menyediakan buku panduan strategis,
bertaktik dan manajemen operasional infrastruktur IT, Menyediakan pendekatan
sistematis, pendekatan berbasis proses, didukung oleh prosedur, Menyarankan
strategi-strategi implementasi, Berperan sebagai pelatihan pertolongan. Azas
dari IT Infrastructure Library adalah Segala sesuatu yang prosesnya perlu
diwujudkan dalam organisasi untuk manajemen dan operasi infrastruktur IT untuk
menaikkan ketentuan layanan optimal untuk pelanggan dengan biaya yang adil.
2.3 Sebutkan
Tujuan dari ITIL (Information Technology Infrastructure Library)
Tujuan Information Technology
Infrastructure Library (ITIL) adalah untuk menyediakan petunjuk untuk
praktek terbaik dalam manajemen layanan teknologi informasi. Ini mencakup
pilihan yang dapat diapdopsi dan diadaptasi oleh organisasi berdasarkan kebutuhan
bisnisnya, keadaan, dan kedewasaan dari penyedia layanan.
Sumber :
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar