Minggu, 06 Januari 2013

Proposal Penulisan Ilmiah : Perbandingan Windows 7 dan windows 8





1.1  Latar Belakang

Penggunanan Komputer pada masa sekarang adalah sebuah teknologi yang canggih yang sudah tidak aneh lagi dikalangan masyarakat. Dan seperti yang diketahui Sistem Operasi telah melekat dengan sebuah sistem komputer. 
Dengan seiring perkembangan zaman sistem operasi telah banyak berkembang dan telah menjamur di mana-mana serta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 
Kini pengguna Komputer telah diberikan hak untuk memilih yang sangat banyak untuk menggunakan sistem operasi pada komputernya masing-masing, Sekarang untuk sistem operasi yang sedang baru adalah Windows 8 dan generasi sebelumnya adalah windows 7.

1.2  Batasan Masalah
Yang akan dibahas dalam Proposal ini adalah mengenai dari sistem operasi, perbandingan tentang sistem operasi windows 7 dan windows 8 serta kelebihan serta kelebihan dan kekurangannya.

1.3  Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka rumusan masalahnya adalah :
1.      Apa yang dimaksud dengan sistem operasi?
2.      Apa kekurangan dan kelebihan sistem operasi microsoft windows 7 dan windows 8?

1.4  Tujuan
1.      Menjelaskan sistem operasi
2.      Memaparkan kekurangan dan kelebihan dari sistem operasi microsoft windows 7 dan windows 8

1.5  Manfaat
1.         Mengetahui penjelasan sistem operasi.
2.         Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan sistem operasi microsoft windows 7 dan windows 8



Perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi  dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.
Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer yaitu hardisk, pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.
Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

2.2         Kelebihan dan kekurangan Microsoft
Windows 7
Kelebihan :
1.      Program boot/shut down lebih cepat.
2.      Konsumsi daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan system service lebih sedikit.
3.      Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD
4.      Tampilan lebih bagus dari 3 dimensinya yang menonjol
5.      Fitur sekurity yang benar-benar ketat.
Kekurangan :
1.      Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di windows 7
2.      Bug pada windows player 12
3.      Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak dikenali di windows 7
4.      Susah memaksa software yang belum bisa dipaksakan diinstal di Vista, juga di pasang di windows 7

Windows 8
Kelebihan :
1.Dioptimalisasi untuk layar sentuh
Windows 8, interfacenya yang dijuluki sebagai Metro benar-benar dioptimalkan untuk sentuhan dengan wujud ala interface Windows Phone.

2. Mendukung chip ARM
Windows 8 mendukung perangkat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharapkan memperluas jangkauan Windows 8 di arena tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM.

3. Waktu boot yang singkat
Boot Windows 8 dalam demonya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya.

4. Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC
Microsoft menyatakan komputer yang bisa menjalankan Windows 7 dapat pula menjalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini

5. Toko aplikasi Windows Store
Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Windows Store menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.

6. Mendukung NFC (Near Field Communications)
Windows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaanya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang memakai Windows 8 pun kemungkinan besar akan otomatis menyertakan fitur ini.
  
Kekurangan :
1. Tumpang tindih Metro UI dan Aero UI.
Developer menemukan adanya pergantian secara terus-menerus yang terjadi antara tile-based Metro UI dan glassy Aero UI. Hal tersebut dinilai tidak masuk akal dan sangat membingungkan. Berpindah dari aplikasi Metro dan aplikasi desktop sangat sulit dilakukan.

2. Tidak ada opsi untuk mengubah tiles menjadi icons.
Ukuran tiles terkecil, tampilannya masih terlalu besar. Saat nantinya kita menginstall banyak aplikasi maka screen Metro akan terlihat semrawut.

3. Sulit berpindah antar screen.
Tidak adanya fungsi Alt-Tab seperti saat bekerja dengan desktop dan keyboard untuk berganti dari satu app ke app yang lain mungkin merupakan hal yang sangat sulit. Sebagai gantinya, di Windows 8 Metro UI kita tidak bisa menggunakan pointer atau finder untuk meletakkan screen di sisi kiri dan melakukan drag. Kedengarannya sangat sepele, tapi masalah akan muncul saat kita bekerja dengan banyak aplikasi. Tidak ada cara cepat dan mudah untuk berganti antar aplikasi. Jika menggerakkan mouse ke arah kiri maka sebuah icon akan pops up. Dan jika tidak tepat maka kita harus klik beberapa kali atau mencoba lagi.

4. Metro multitasking.
Jika sobat menggunakan aplikasi Metro (untuk tablet) di Windows 8, screen akan menampilkan dua aplikasi secara berjajar. Untuk pemula hal itu tidak akan menjadi masalah besar. Namun bagi advanced user, kemampuan Metro dengan multitasking hanya untuk dua aplikasi merupakan kelemahan yang fatal.

5. Metro.
Metro memang bisa bekerja baik di tablet tapi UI tersebut sangat tidak kompatibel jika digunakan pada desktop. Sulit dilakukan untuk sobat yang menggunakan Notebook. Sehingga secara default Windows 8 tidak mungkin bisa melakukan booting ke Metro UI. Dengan kata lain Microsoft perlu memberikan kill-switch untuk mematikan Metro UI.

6. konten Flash di Tablet PC.
Ternyata Microsoft memang sengaja membuat Windows 8 ini tidak bisa mendukung konten Flash di Tablet PC. Alasan Microsoft melakukan hal ini adalah untuk menghemat baterai Tablet. Selain itu juga dapat melindungi privasi Tablet kita dan meningkatkan keamanan. Hal ini dikarenakan pada beberapa aplikasi dan perangkat elektronik lainnya, penggunaan konten Flash justru menyebabkan data rusak atau crash.

BAB III
PENUTUP


3.1         Kesimpulan
                Dengan semakin berkembangnya zaman, teknologi semakin berkembang dan semua yang berkaitan dengan teknologi pasti berkembang salah satunya sistem operasi pada komputer, dengan adanya persaingan pasar dan permintaan konsumen yang tidak akan pernah puas maka semua perusahaan kini berlomba-lomba untuk memberikan hasil yang terbaik kepada para konsumennya.

3.2               Saran
            Untuk memilih Sistem Opreasi ,alangkah baiknya untuk memilih sistem operasi yang di butuhkan untuk sehari-hari jangan sampai mengikuti perkembnagan teknologi terbaru kalo kita sendiri tidak nyaman untuk menggunakannya. Apalagi kini Sistem operasi keluaran Microsoft terbaru yaitu Windows 8 yang memiliki kecanggihan dari pada generasi sebelumnya. Membuat semakin lebihnyaman ataumungkin tidaknyama. Jadi semua pilihan tergantung kebutuhan.  

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar