Kamis, 22 September 2011

Pesona Raja Ampat


    Kalo berbicara soal Pulau, Indonesia memang juara nya. bahkan soal keindahan Pulau Bali tak hanya terkenal di Indonesia saja, tetapi di dunia. Namun selain bali Indonesia mempunyai Raja Ampat , Raja ampat merupakan rangkaian dari empat gugusan pulau yang berdekatan yang terletak di Papua Barat. Nama Raja ampat sendiri merupakan pecahan dari kabupaten sorong pada tahun 2003 dengan luas sekitar 46.000 km2, namun hanya 6000 km2 daratan dan 40.000 km2 lautan. Oleh sebab itu Kepulauan Raja Ampat belum begitu setenar Pulau Dewata karena belum terjamah dan keindahan laut yang dimiliki masih asri hal ini merupakan daya tarik bagi wistawan. Namun keindahan nya Raja ampat  tak kalah dengan Pulau dewata. 


    Masyarakat yang tinggal di raja ampat umumnya mencari makan dengan bekerja sebagai nelayan di kepulauan Raja ampat. karna raja mapat memiliki terumbukarang yang sangat terjaga sehingga Ikan yang ada di kepulauan tersebut sangat terjaga kelestariannya. Masyarakat nya sendiri tinggal di kampung yang berjauhan anatar pulau dan masyarakat sekitar sangat ramah terhadap tamu yang datang apalagi kalau kita membawa Pinang atau Permen,Barang tersebut semacam 'pipa perdamaian indian' di kepualauan Raja Ampat. Raja ampat sendiri terdiri dari beberapa pulau. Kabupaten raja ampat  memiliku 610 pulau (hanya 35 pulau yang dihuni)dan pulau yang meiliki ukuran besar seperti Pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo.
   
    Kelebihan Kepulauan Raja ampat,yaitu wisata Daiving. Raja ampat merupakan salah satu dari 10 Perairan terbaik untuk diving di dunia. Tak hanya itu peneliti dari penjuru dunia pun ikut mengakui keindahan raja ampat seperti Tim ahli dariThe Nature Conservancy, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah melakukan penelitian tahun 2001 dan 2002. Hasilnya terdapat lebih dari 540 jenis karang keras (75% dari total jenis karang di dunia), lebih dari 1000 jenis ikan karang yang terdapat di kepulauan ini, 700 jenis moluska  dan catatan tertinggi bagi gonodactyloid stomatopod crustaceans. ini menjadikan hal yang luar biasa karena tak ada satupun dengan luas area yang sama memiliki spesies karang sebanyak ini.

   Penginapan untuk di Raja ampat sendiri sangat banyak, namun harga nya sangat mahal sepeti resort yang sederhana yang berdinding dan beratap anyaman daun kelapa bertarif sekitar Rp 900.000 semalam. dan kalau Daiving dikenakan harga sekitar Rp 360.000 untuk sekali menyelam di satu lokasi. yah harga nya lumayan mahal, Namun pengalaman meliat keindahan yang sangat luar biasa yang kita miliki pasti takkan terlupakan. 













Ini beberapa Photo yang menampilkan karang bawah laut yang terdapat di Raja ampat, Papua

Ini merupakan beberapa Bungalow yang ada di Raja ampat dive resort
Darmaga Waiwo, Raja ampat divi resort


Kepulauan raja ampat sebagai besar wilayahnya merupakan perairan, ini sebabnya masyarakat raja ampat sering menggunakan trasportasi. bisanya masyarakat mengguankan transportasi ini untuk menuju Waisai, ibu kota kabupaten Raja ampat.
Ini merupakan sunset di salah satu pulau,  yang terletak di kepulauan Raja ampat

    Pemandangan yang terdapat di Raja ampat sangat menakjubkan, oleh sebab itu banyak yang ingin mengunjungi Raja ampat, tapi sebagaian besar wisatawan yang berkunjung ke Raja ampat adalah wisatawan asing. Oleh sebab itu kita sebagai bangsa indonesia harus mencintai negeri sendiri ketimbang orang asing yang lebih mencintai negeri kita.


Sumber : 


2 komentar:

  1. Wow..Raja ampat Mank Juara....keren jepretan potonya...jadi pengen balik lagi...

    BalasHapus
  2. Thanks for link up with me ;).
    Lets dive...

    www.rizalchristian.blogspot.com

    BalasHapus