Kamis, 05 Januari 2012

ALU

     ALU atau Arithmetic And Logic Unit adalah satah satu dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi melakukan operasi hitungan aritmatika atau logika. ALU sering disebut bahasa mesin karena memiliki 2 bagian , yaitu Arithmatika dan Unit logica boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugasnya sendiri. ALU ini merupakan cirkuit CPU berkecepatan tinggi yang bertugas mengitung dan membandingkan. Angka-angka yang dikirim cari Memori ke ALU untuk dikalkulasi dan kemudian dikirim kembali ke memori. Jika CPU diibaratkan sebagai otaknya komputer, maka ada satu alat lain di CPU tersebut yang dikenal dengan nama Arithmatic And Logic Unit (ALU), ALU inilah yang berfikir untuk menjalankan suatu perintah tang diberikan kepada CPU tersebut.

     ALU snediri merupakan satu kesatuan alat yang terdiri dari berbagai komponen alat eletronika termasuk didalamnya sekelompok transistor, yang dikenal dengan nama logic gate, dimana logic gate ini berfungsi untuk melaksanakan perintah dasar matematika atau operasi logika. Kumpulan susunan dari logic gate inilah yang dapat melakukan perintah perhitungan matematika yang lebih komplit seperti perintah "add" untuk menambahkan bilangan ,atau "devide" atau pembagian dari suatu bilangan. Selain perintah matematika yang lebih komplit, kumpulan dari logic gate ini juga mampu melaksanakan perintah yang berhubungan dengan logika, seperti perbadingan hasil dua buah bilangan. Intruksi yang dapat dilakukan oleh ALU disebut dengan instrucion set. Perintah tang ada pada masing-masih CPU belum tentu sama. Jika perintah dijalankan oleh suatu CPU dengan CPU lainnya adalah sama, maka pada level inilah suatu sistem dikatakan compatible.

    Sehingga sebuah program atau perangkat lunak atau software yang dibuat berdasarkan perintah yang ada pada intel tidak akan bisa dijalankan pada untuk semua jenis prosesor, kecuali dengan prosesor dengan compatible dengannya.seperti halnya dalam bahasa yang digunakan oleh manusia , instruction set ini juga memiliki aturan bahasa yang biasa saja berbeda dengan satu dan yang lainnya.

                                                                 Nama : Panji Setya Prawira
                                                             NPM  : 15110314

Tidak ada komentar:

Posting Komentar