Senin, 24 Oktober 2011

Green School Bali, Sekolah hjau yang mendunia

     Di Indonesia nampak nya jarang sekali sekolah yang memfokuskan tentang kepedulian terhadap lingkungan, tapi semenjak ada Global warming. Nampaknya bangsa ingonesia sudah mulai peduli akan kelestarian lingkungan. Hal ini coba di terapkan oleh John Hardy seorang desainer dan pengusaha jewelry yang sukses yang di beri nama Green School - Kul-Kul Campus di desa Sibang Kaja, Badung, Bali. sekitar 30 km dari pusat kota Denpasar.

     Grenn school ini benar-benar unik dan satu-satu nya di dunia yang bangunanya sepenuhnya dari bamboo yang sudah pasti ramah lingkungan, di sekolah ini tidak memakai AC melainkan memakin kincir yang terletak di terowongan bawah tanah, lal bagaimana dengan penerangan di sekolah tersebut ?? menggunakan bio-gas yang terbuat dari kotoran hewan.

     Jembatan yan di bawah nya mengalir sungai Ayung yang terdapat di Kul-kul Campus ini sepenuhnya menggunakan bamboo dan menjadikan ciri khas sekolah ini dan terletak di tengah-tengah sekolah. memang sekolah ini mempunyai visi salah satunya 'Interaksi dengan Alam' .

     Metode belajar di sekolah ini Para murid di ajarkan untuk dekat dengan alam, mulai cara menanam padi, memproduksi coklat. Semua itu yang di ajarkan di sekolah ini untuk para murid nya mengerti akan kehidupan sehari-hari dan dapat di terapkan dimasa yang akan datang.

     Untuk harganya sendiri, bagi saya cukup mahal. Bagai mana tidak untuk uang regristrasi $ 500 atau setara Rp 4.500.000. Sedangkan Uang bangunan tahunan $ 950 atau setara Rp 8.500.000 dan buat grade I-IV uang sekolahnya setahun $ 7.950 atau sekitar Rp 71.550.000. Harga yang sangat luar bisa untuk sekolah Green school. Tapi kebanyakan murid di Green school ini adalah Orang asing.

     Harusnya Pemerintah dan pihak swasta berperan untuk membangun Green school tapi dengan harga yang terjangakau, karena Green school yang terletak di bali ini sangat mahal dan hanya terjangkau orang-orang yang mampu. dan apa lagi yang sekoalh di sini orang bule-bule. harus nya anak asli indonesia mempunyai kesempatan untuk bersekolah yang berpendidikan Green school agar Ilmu yang dia dapat di terapkan di tanah Indonesia. Supaya dengan adanya pendidikan tentang lingkungan tidak adalagi Illegal logging dan tidak ada lagi penebangan hutang secara liar.

Keadaan belajar di kelas
Penampilan para murid Green School Kul-Kul
Beberapa ruang kelas yang terdapat di Kul-kul Campus
Interior Green school Kul-kul, Bali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar