Kamis, 13 Oktober 2011

Komunikasi dalam berorganisasi

     Komunikasi dalam organisasi merupakan hal yang sangat penting, tanpa adanya komunikasi sudah pasti organisasi tidak akan berjalan dengan lancar. karena di dalam sekelompok sangat membutuhkan komunikasi antara anggota yang terlibat di dalam organisasi.
     
     bentuk komunikasi yang baik adalah komunikasi 2 arah, yang saling bertemu atau bertatapan. karena lebih efektif dibandingkan hanya sekedar mengirim pesab singkat atau telephone. Mungkin karena teknologi ,suatu organisasi sangat jarang untuk saling bertemu atau bertatapak muka, mereka hanya mengasih kabar tentang organisasi lewat dunia maya ,contoh nya Facebook.

     Tujuan dari komunikasi di dalam organisasi , yaitu saling berinteraksi dan timal balik antara manusia. dngan terciptanya atau terlaksananya hal-hal tersebut suatu organisasi mengurangi adanya konflik di dalam organisasi dan dapat menambak kekompakan dibandingkan dengan hanya berkomunikasi lewat facebook atau pesan singkat. kecuali ada hal-hal yang dapat menghambat komunikasi 2 arah, baru pesan singkat atau telephone dibutuhkan dalam suatu organisasi.

     Lingkungan, dalam organisasi lingkungan dapat mempengaruhi kinerja organisasi. misalnya anggota OSIS dia bergaul dengan orang yang suka main atau jalan-jalan dapat mempengaruhi kinerja OSIS. kalo orang sudah begitu biasanya di ajak komunikasi dengan pihak OSIS juga mengalami kendala, seperti kalo ada rapat dia suka kabur. Jadi, Lingkungan dapat mempengaruhi kinerja kita di organisasi.

     Komunikasi, dibagi 2 :
  • Internal , pertukaran gagasan yang hanya terlibat di pihak di dalam organisasi.
  • Komunikasi, Antar Pemimpin ke hak layak. Contohnya : Poster
Contoh Topik : Pergantian nama Stadion Jakabaring
     Dalam melakukan pergantian nama stadion contohnya, memerlukan persetujuan antara pihak-pihak yang terkait contohnya Stadion Jakabaring yang berada di Palembang ingin di ganti namanya menjadi Stadion SBY. Hal ini sangat wajar apa bila pemerintah dapat melakukan negosiasi atau saling berkomunikasi dengan masyarakat disana, dalam hal ini komunikasi antara kedua pihak saling dibutuhkan dan pada akhirnya mendapatkan hasil yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar