Kamis, 13 Oktober 2011

Pengambilan Keputusan

     Pengambilan keputusan dalam suatu organisasi sangat penting, hal ini di karenakan dalam pengambilan keputusan seseorang harus bersikap bijaksana untuk menjadikan sesuatu yang lebih baik. Bisanya dalam pengambilan keputusan seseorang kerena adanya suatu masalah yang belum terpecahkan, konflik di dalam organisasi.
   
Dalam pengambilan keputusan, yang harus diperhatikan adalah :
  • Identifikasi , ini merupakan yang paling penting, karena proses yang di amati harus teliti dalam mengamati kasus masalah yang terjadi.
  • Perumusan masalah, ini merupakan cara atau jalan keluar agar masalah yang di hadapi akan selesai sehingga pengambilan keputusan tidak merugikan orang banyak. Sehingga proses pengambilan keputusan dapat terpecahkan secara Efisien.         
Dasar-dasar pengambilan keputusan :                                                                    
  • Pengambilan keputusan secara subjektif, ini pengambilan masalah melihat pada masalah dan fokus terhadap masalah tersebut.
  • Pengambilan keputusan Rasional, keputisan yang di ambil merurut akal dan pikiran sehingga dapat ditalar sesuai kemampuan otak.
  • Pengambilan keputusan berdasarkan Fakta, ini pengambilan keputusan yang di lihat berdasarkan kenyataan atau bukti-bukti yang ada. sehingga pengambilan keputusan yang benar-benar terjadi dalam apa yang terjadi.
Contoh Topik
Reshuffle Kabinet
  
     Kabinet Indonesia bersatu jilid II yang saat ini marak, menjadi persoalan dimana Presiden harus mengambil keputusan dalam kabinet yang berjalan hampir 2 tahun. namun dalam 2 tahun terakhir bnayak sekali masalah yang dihadapi dalam kabinet nya sendiri, seperti : Korupi, kinernerja mentri yang tidak memuaskan. 
     Dalam pengambilan keputusan presiden harus melihat di sisi positif maupun sisi negatif, dampak yang akan terjadi apabilan presiden salah mereshuffle kabinet adalah kepercayaan terhadap presiden dapat berkurang dari masyarakat. 
     Dengan demikian, sebelum Presiden harus berfikir matang-matang dan jangan meliahat dasi Partai saja. tapi dari kenerja dan pengalam yang dia peroleh dari kemampuan yang dia miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar